Harapan Warga Lampung: Segeralah Bangun Jembatan Selat Sunda!

07 Januari 2013

LAMPUNG (Pos Kota) -Rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) sepanjang 27, 4 Km, yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera, diperkirakan menelan dana mencapai Rp 225 triliun, hingga sekarang masih menunggu kepastian.

Rupanya warga Lampung sudah tidak sabar. Seperti Fery ,40, warga Kemiling, Bandarlampung, mengharapkan pembangunan JSS tersebut segera terealisasi dan jangan terlalu lama. “Saya terkadang kesal kalau harus menunggu saat terjadi macet di Pelabuhan Bakauheni, yang disebabkan antrean kendaraan karena tidak bisa menyeberang,”katanya.

“Kemacetan sepajang 6 Km, di Pelabuhan Bakauheni, yang terjadi sejak kamis (5/7) hingga sekarang, karena disebabkan selain meningkatnya jumlah kendaraan di musim liburan sekolah, dan antrean mobil bermuatan sembako, yang secara serentak datang dan bertumpuk hingga memenuhi jalan itu, membuat saya harus putar haluan dan menunda untuk melanjutkan perjalanan hinga dua hari kedepan,”ungkap Fery.

Sementara itu salah seorang pengendara motor yang ditemui saat terjebak kemacetan, Pujiyansah ,26, mengatakan, pembagunan JSS, itu terkesan lama, dan tidak tahu apa mau dibangun atau tidak. Soalnya, hingga saat pemerintah belum juga mensosialisasikan pembangunan melalui media surat khabar. “Saya lelah jika harus menunggu lebih lama disini mau pulang jauh mau melanjutakan perjalanan macet, pokoknya serba salah,”ujarnya.

 

“Misalkan ada jembatan itu, mungkin saya lebih mudah untuk menyeberang kepulau Jawa dan cepat sampai ke tujuan. Saya berharap, agar cepat terealisasi, agar saya tidak mengalami nasib seperti sekarang ini, yang harus menunggu antrean diperkirakan sepanjang 6 Km,”jelas Puji.

 

Seorang supir truk bermuatan sembako, Kondi ,29, warga Teluk Betung Selatan, Bandarlampung, mengatakan, sudah hal yang biasa jika kendaraan secara serentak datang, kemacetan pasti terjadi.

 

“Harusnya JSS cepat dibangun aja, apa takut dikorupsi. Jangan takut Pak sekarang ini di tv saya melihat banyak pejabat koruptor dipenjara karena perbuatanya. Mudah-mudahan dalam pelaksanaannya pihak yang terkait dalam pembangunan JSS nanti berjalan lancar dan saya bisa menggunakan jembatan itu untuk menyeberang,”paparnya.(Koesma)

 

Sumber :

http://www.poskotanews.com/2012/07/07/segeralah-bangun-jembatan-selat-sunda/