Hatta: JSS tak bisa pisah dari KSISS

09 Januari 2013

Penulis: Maikel Jefriando - Sindonews

Selasa, 17 Juli 2012 ? 14:07 WIB

Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menekankan pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) tidak akan bisa dilepaskan dari pembangunan Kawasan Strategis Infrastruktur Selat Sunda (KSISS).

Pasalnya, jika itu terpisah, maka menurutnya jembatan penghubung Banten dan Lampung tersebut tidak akan dibangun. "Tidak-tidak. Kalo dipisahkan secara ekonomis tidak akan dibangun," ucap Hatta kala ditemui wartawan di kantornya, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

 

Alasannya, menurut Hatta, nantinya akan berdampak pada mahalnya penyeberangan dan logistik yang sekaligus membebani masyarakat. Maka dari itu, Hatta menegaskan infrastruktur tersebut dirancang menjadi sebuah kawasan.

 

"Jadi yang kita sebut dengan kawasan JSS itu mengintegrasikan antara pusat-pusat pertumbuhan daerah Banten dan Lampung kemudian pusat pertumbuhan ini akan menyebar menjadi kawasan yang memiliki konektivitas sehingga terjadi apa yang disebut spill over ke daerah-daerah sekitarnya bahkan itu sebagai salah satu daripada sebuah kawasan pertumbuhan itu sendiri," paparnya.

Sebelumnya, Menteri PU Djoko Kirmanto di kesempatan yang sama menuturkan bahwa rencana pemisahan JSS dari KSISS memang menjadi alternatif dari kericuhan pembangunan JSS yang terjadi belakangan ini. "Itu menjadi salah satu alternati," ucapnya.

Pembahasan tersebut akan dilanjutkan kembali Rabu depan melalui rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian untuk memastikan regulasi yang akan dipergunakan dalam pembangungan JSS. (gpr)

 

Sumber :

http://ekbis.sindonews.com/read/2012/07/17/33/659174/hatta-jss-tak-bisa-pisah-dari-ksiss