Jembatan Selat Sunda Agar Segera Dibangun

10 Januari 2013

MERAK (Pos Kota) – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak nampaknya belum mampu mengurai penumpukan truk di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Penumpukan kendaraan angkutan barang yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung, msih saja terus terjadi di Pelabuhan Merak.

Berkaitan dengan itu, supir truk sepakat bahwa rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) sangat mendesak untuk segera direalisasikan.
Pasalnya, jika pembangunan jembatan tersebut tidak dipercepat, maka kesemrawutan di Pelabuhan Merak makin tidak terkendali dan merugikan berbagai pihak, termasuk para supir.


Tak hanya kedinginan dan kepanasan karena kehabisan uang untuk biaya perjalanan. Agar barang bawaannya bisa sampai di tempat tujuan, awak truk yang terjebak macet di Merak, ada yang terpaksa menjual telepon genggamnya untuk mencukupi kebutuhan hidup agar bisa tiba ditujuan.

“Bahkan tak jarang ada yang terpaksa menjual ban serep atau pinjam uang kepada pengurus truk atau pemilik warung dengan bunga yang lumayan tinggi,” kata Asep, 41, supir yang mengangkut barang kelontongan tujuan Metro Lampung.

Asep menilai kemacetan di Pelabuhan Merak yang kerap terjadi setiap akhir pekan membuat menderita supir truk. Supir warga Sumedang, Jawa Barat ini berharap agar pembangunan Jembatan Selat Sunda segera direalisasikan. “Dampaknya sudah jelas dapat memperlancar transportasi antar Jawa-Sumatera,” kata Asep.

Keinginan yang sama juga dikatakan Anton, 37, supir truk yang mengangkut motor. Menurut Anton, jika Jembatan Selat Sunda tidak segera dibangun, kemacetan di Merak akan lebih parah. Karena pertumbuhan kendaraan atau distribusi barang setiap tahunnya bertambah. Dan tentu ini pertana ekonomi juga semakin maju.

“Rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda harus segera dilakukan karena merupakan satu-satunya solusi untuk mengatasi kemacetan di Merak,” tegas Anton. (haryono)

 

Sumber:
http://www.poskotanews.com/2012/06/05/jembatan-selat-sunda-agar-segera-dibangun/