Jembatan Selat Sunda Bisa Dilewati Kereta Sepanjang 750 Meter

10 Januari 2013

Kamis, 11/10/2012 14:54 WIB

Jakarta - Mega Proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) sepanjang 29 Km diperkirakan akan selesai 2020. Bakal calon jembatan terpanjang di Indonesia dan dunia ini tidak hanya dilewati kendaraan mobil saja namun juga akan dilewati kereta api.

Konsultan Jembatan Selat Sunda, Wiratman Wangsadinata mengatakan desain yang dibuat dari Anyer sampai Palembang dibuat hampir lurus, sehingga nantinya bisa dilewati Kerata Api.

"Desain yang dibuat dalam pembangunan JSS hampir lurus, jadi nanti sangat mudah dilewati kereta api," kata Wiratman dalam diskusi panel JSS di Universitas Indonesia, Depok, Kamis (11/10/2012).

 

Dikatakan Wiratman, dengan beban mati yang telah diukur, JSS akan mampu menahan beban kereta api sepanjang 750 meter dengan berat 8 ton lebih dan ditambah dengan kendaraan yang lewat di jembatan tersebut.

 

"Sangat kuat, walaupun dilintasi kereta api, sudah kita ukur beban matinya JSS jadi walau kereta api lewat itu seperti semut saja, karena sangat kuat, bahkan ditambah dengan kendaran yang melintasi Jembatan walau macet sekalipun," ujarnya.

Diungkapkan Wiratman, desainnya nanti kereta akan berada di tengah, sebelah kanan menuju pulau Jawa dan sebaliknya menuju Palembang. "Nanti keretanya berada ditengah-tengah," katanya.

Terkait segi keamanan, dari studi yang telah dilakukan JSS akan tahan dari gangguan gemba vulkanik dan flutter.

"Aman dari Gempa vulkanik walaupun jarak antara gunung Krakatau sangat dekat, selain itu bahaya yang paling ditakutkan dari sebuah jembatan yakni flutter juga sudah bisa diantisipasi dengan desain JSS itu sendiri. Flutter adalah gejala goncangan yang mengakibatkan jembatan ambruk," tandasnya.

(rrd/hen)

 

Sumber :

http://finance.detik.com/read/2012/10/11/145434/2060257/4/jembatan-selat-sunda-bisa-dilewati-kereta-sepanjang-750-meter?f9911013