Jembatan Selat Sunda Operasi, Ekonomi Banten Bakal Meningkat Teknologi

09 Januari 2013

BANTENPOST - Jembatan Selatan Sunda (JSS) yang menghubungkan pulau Sumatera dan Jawa dipastikan terealisasi setelah sebelumnya hanya wacana sejak 10 tahun lalu. JSS diperkirakan akan menelan biaya kurang lebih 200 trilyun, salah satu pihak swasta yang sudah siap untuk melaksanakan proyek tersebut adalah perusahaan milik Tomy Winata yaitu PT Bangun Graha Sejahtera Mulia.

Jika JSS benar-benar terealiasi, dipastikan akan bermapak positif terhadap perekonomian Banten dan bangsa ini tentunya. Dalam seminar di kampus Untrita Banten kemarin tentang penyemabutan pembangunan JSS.
Direktur Pengembangan Kerjasama Pemerintah dan Swasta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bastary Panji Indra memaparkan bahwa pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat di daerah ini. Dan Selain itu akan memberikan dampak pemberantasan kemiskinan secara langsung maupun tidak langsung serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.


Pada kesempatan tersebut, Indra juga mengungkapkan pembangunan JSS dinilai strategis untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Banten. Pembangunan infrastuktur itu juga dipastikan akan menyerap ribuan tenaga kerja local.

"Karena keberadaan Indonesia di pusat baru gravitasi ekonomi global, yakni kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, maka perlu mempercepat terwujudnya suatu negara maju dengan hasil pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang merata," ujarnya. (jay/ham)

Sumber: http://bantenpost.com/welcome/pageUtama/BU01483