Pembangunan Jembatan Selat Sunda Temui Titik Cerah

10 Januari 2013

JAKARTA - Pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) yang sempat terhambat lantaran adanya sedikit konflik, nampaknya akan berjalan kembali. Tim 7 yang ditugaskan untuk melakukan kajian pada jembatan penghubung Pulau Sumatera dan Pulau Jawa ini telah memberikan laporan.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, selaku Tim Tujuh menuturkan, JSS akan tetap dibangun tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Keputusan untuk tetap melakukan pembangunan JSS tanpa menggunakan APBN telah diambil saat rapat koordinasi Kementerian di Kemenko Perekonomian yang dipimpin langsung Menteri Perekonomian Hatta Rajasa.

"JSS jalan terus menggunakan swasta. Apapun risikonya akan kita bahas nanti," ungkap Djoko, usai Rapat Koordinasi di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa(6/11/2012).

Seperti diketahui, sebelumnya, terjadi perbedaan pendapat antara Menko Perekonomian Hatta Rajasa dengan Menteri Keuangan Agus Martowardodjo. 

Agus mengatakan feasibility study pembangunan JSS harus menggunakan APBN, karena beresiko jika dikerjakan swasta. Namun, Hatta mengatakan ini bisa dikerjakan swasta. "Dampaknya nanti kita akan bahas, yang jelas sekarang Hatta minta pembangunan JSS harus tetap jalan tanpa menggunakan APBN," pungkas Djoko. (mrt)