Seminar Nasional Persiapan Pembangunan Jembatan Selat Sunda

09 Januari 2013

Serang, Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Provinsi Banten dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) menyelenggarakan Seminar Nasional Persiapan Masyarakat Banten dalam rangka Pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) pada hari rabu (9/5/2012).

Direktur Pengembangan Kerjasama Pemerintah dan Swasta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bastary Pandji Indra pada kesempatan tersebut memaparkan peran strategis infrastruktur. Peran dimaksud antara lain sebagai roda penggerak ekonomi, pendorong peningkatan produktivitas ekonomi, dan mempersempit kesenjangan antardaerah. Jembatan Selatan Sunda (JSS) disebutkan sebagai proyek strategis nasional dalam mewujudkan program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia.


Bastary memaparkan pula beberapa potensi dampak pengembangan Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda (KSISS). Potensi dampak dimaksud antara lain berupa perubahan struktur dan pola pemanfaatan ruang di kabupaten dan pulau-pulau yang dilalui JSS. Selain itu juga perubahan kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya regional serta perubahan fungsi kegiatan pelabuhan, baik di Bakauheni dan Panjang maupun di Merak.

Pembangunan Jembatan Selat Sunda di targetkan dimulai pada tahun 2014. 
Pemerintah telah menyiapkan lahan sekitar 40.000 hektar yang terbagi dari 20.000 hektar di daerah Banten dan sisanya di daerah Lampung sebagai penompang berkembangnya daerah industri ketika jembatan selat sunda berdiri.

Pembangunan jembatan Selat Sunda diharapkan dapat mempercepat perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di koridor Sumatera. Menurut Hatta, koridor Sumatera berkembang dengan cepat dilihat dari investasi pada
2011 yang mencapai Rp 489 triliun dan diproyeksikan tahun ini akan ada sekitar Rp 500 triliun investasi yang masuk.

Seminar NAsional ini di hadiri oleh Djoko Kirmanto (Menteri Pekerjaan Umum), Gubernur Banten, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd (Rektor UNTIRTA), Prof. Dr. Ir. 
Wiratman Wangsadinata(Pakar dan praktisi di bidang konstruksi Indonesia)

 

Sumber: http://www.untirta.ac.id/informasi-148-seminar-nasional-persiapan-pembangunan-jembatan-selat-sunda.html