Banten dan Lampung Siap Bangun Jembatan Selat Sunda

12 Januari 2013

Metrotvnews.com, Banten: Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan Gubernur Lampung Sjahroeddin ZP optimistis proyek jembatan Selat Sunda dicanangkan tahun 2014. Keyakinan kedua gubernur itu menguat setelah ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman mendukung Pemerintah Provinsi Banten dan Lampung menyiapkan proyek jembatan Selat Sunda tersebut.

 

Silang pendapat sejumlah menteri soal kawasan strategis infrastruktur Selat Sunda hanyalah sebuah dinamika yang tidak menyurutkan semangat dan langkah Pemprov Banten dan Lampung dalam menyiapkan proyek Jembatan Selat Sunda.

Pemprov Banten tetap melaksanakan tugas sesuai kewenangan yang diatur dalam peraturan presiden yang menetapkan bahwa kawasan strategis infrastruktur Selat Sunda Terpadu dan kelayakan studi Jembatan Selat Sunda, dibiayai pihak swasta.

Kehadiran Jembatan Selat Sunda akan memudahkan pergeseran industri dari Jawa ke Sumatra, sebagai salah satu solusi pemerataan pembangunan. Sehingga kesenjangan sosial antara penduduk Jawa dan Sumatra semakin kecil.

Proyek Jembatan Selat Sunda membutuhkan biaya sekitar Rp100 triliun, sehingga sangat membutuhkan peran swasta. Selain itu pembangunan jembatan yang berada di atas laut dan palung yang dalamnya mencapai 100 meter lebih tersebut membutuhkan teknologi canggih yang dimiliki asing.(RZY)

 

Sumber : http://www.metrotvnews.com/mobile-site/read/newsvideo/2012/08/17/157577/Banten-dan-Lampung-Siap-Bangun-Jembatan-Selat-Sunda-/6 

add comment :

Message