Hatta Pastikan Jembatan Selat Sunda tidak Pakai APBN

21 Maret 2013

Metrotvnews.com, Bandarlampung: Proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) dipastikan segera terealisasi, dengan catatan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 


"Jangan bebani APBN dengan JSS," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Bandarlampung, Rabu (20/3). 


Dengan kata lain, proses pembangunan JSS akan menggunakan dana pihak ketiga.  

Sebelumnya Hatta Rajasa membuka Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) se-Sumatra dan Rakor Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Hatta dalam kesempatan itu menyebutkan, Sumatra menyumbang sedikitnya 23,77% pendapatan nasional. "Kontribusi Sumatra sebenarnya dapat meningkat jika kondisi infrastrukturnya terutama jalan baik," kata dia.  


Dia menjelaskan, percepatan pembangunan infrastruktur di Sumatra harus segera dilaksanakan mengingat kawasan itu menyumbang pendapatan nasional tertinggi setelah Jawa.


Menurutnya, kontribusi penyumbang pendapatan nasional Pulau Jawa saat ini sekitar 50%, disusul Sumatra dengan 23,77%, dan sisanya kawasan lain di Pulau Kalimantan, dan kawasan timur lainnya.


Karena itu lanjutnya, percepatan pembangunan infrastruktur koridor Sumatra harus segera dilaksakan terutama pembangunan jalan tol, jalan nasional, jalan kereta api, dan kegiatan pembangunan lainnya.


Hatta mengatakan, pada 2013 merupakan tahun harapan dan tantangan karena itu perlu kerja keras semua pihak sehingga pertumbuhan ekonomi masih di atas 6%. "Untuk menjaga itu  kita harus menjaga pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih cukup bagus serta jaga pengeluaran, jaga investasi, serta hal lain yang dapat mengganggu ekonomi nasional," jelasnya.


Sebelumnya, Gubernur Lampung Sjachroedin ZP  mengatakan percepatan pembangunan di Sumatra terutama infrastruktur harus disegerakan mengingat kawasan itu memberikan sumbangan pendapatan nasional.


Pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, jalan nasional, dan JSS lanjutnya membantu percepatan perekonomian di kawasan ini. "Kami meminta keadilan pemerintah pusat, karena Sumatra telah memberikan kontribusi cukup besar untuk pembangunan," jelas dia.
Sjachroedin mengharapkan pembangunan jalan tol Sumatra dan JSS dapat segera terlaksana guna percepatan pertumbuhan perekonimian di kawasan ini. 

(Ahmad Novriwan)

add comment :

Message